Kamis, 10 Oktober 2013

Desain Permodelan Grafik



pada kesempatan tugas softskill kali ini saya akan membahas tentang desain permodelan grafik tetapi sebelum kita mengetahui apa itu desain permodelan grafik sebaiknnya kita mengetahui satu persatu pengertianya.

Desain diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Desain memiliki arti sebagai proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru sehingga menjadi hasil akhir yang berupa sebuah proses kreatif, baik berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek yang nyata. Biasannya aspek yang di dapatkan dari desain datanya di ambil dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.
Permodelan berdasarkan kata menjadi Model adalah rencana, representasi, atau deskripsi yang menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket, bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan matematis. Pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat dan di desain akan dibentuk seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat secara 2D maupun 3D.
Grafis dari bahasa Inggris "Graphic" adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan tetapi grafik juga dapat di identikan dengan garis,tanda dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).

setelah kita mengetahui apa itu pengertian dari desain permodelan grafik
dan berikut beberapa software yang di gunakan pada pembuatan desain grafis:

Desktop publishing

Webdesign

Audiovisual

Rendering 3 Dimensi


Jadi dapat di simpulkan dari definisi desain permodelan grafik tersebut adalah membuat atau menciptakan objek baru yang dibuat dan di desain sehingga akan dibentuk seolah-olah benar-benar nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat secara 2D maupun 3D menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.


Sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/desain-pemodelan-grafik-dan-teknologi-vektor-dan-bitmap/                                                         
 http://id.wikipedia.org/wiki/Grafik                                                
 http://id.wikipedia.org/wiki/Desain                                               
 http://id.wikipedia.org/wiki/Model                               
 http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar